Sport

Fakta Batalnya Idemitsu Asian Talent Cup di Mandalika, Kurangnya Pengawas Balapan Jadi Sebab

Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang seharusnya menjadi balapan Internasional pertama di Sirkuit Mandalika harus batal, pada Minggu (14/11/2021) hari ini. Balapan IATC semula digelar untuk tujuan menguji fasilitas dan lintasan dari Sirkuit Madalika. Namun hal itu urung terjadi karena beberapa penyebab yang ditemukan di lapangan.

Pihak Dorna meminta setidakya ada 8 marshal di setiap pos yang telah ditentukan. Sedikit informasi marshal bertugas sebagai penangung jawab mengawasi balapan. Kondisi itu membuat IATC urung digelar di Sirkuit Mandalika.

Pengumuman pembatalan balapan membuat penonton yang sangat antusias kecewa. Seperti pria bernama Ezy, asal Lombok Tengah mengaku sangat kekecewa. Dia sangat kecewa karena sejak pukul 11.00 Wita, dia sudah datang antre dan menunggu untuk menonton balapan.

Tapi hingga pukul 16.00 Wita, balapan yang ditunggu tunggu tidak ada. Warga pun harus pulang dengan rasa kecewa. Karena sejak pagi dia sudah membayangkan bisa menonton balapan secara langsung.

"Kami selaku warga lokal sangat kecewa," tegasnya. Ezy sudah mengikuti semua prosedur pemeriksaan kesehatan dan keamanan. Mentaati protokol kesehatan, hingga ketentuan tidak membawa makanan.

Selama berjam jam menunggu dia tidak tahu harus membeli makanan dimana. Sehingga mereka dalam kondisi lapar menunggu balapan. "Dibatalkan tanpa ada komunikasi, kita tidak tahu alasannya," katanya. "Masyarakat tidak ada yang tahu mau beli makanan dimana, mau beli nasi dimana?" katanya.

Jika memang dibatalkan, harusnya ada informasi lebih awal sehingga mereka tidak terlalu kecewa. "Menurut saya ini momen kebahagiaan masyarakat lokal yang dimana ini kan gratis," ketuanya. Dia berharap kejadian seperti itu tidak terjadi lagi.

Ketua Pelaksana Panitia Daerah WSBK dan MotoGP Pemprov NTB Ahmad Nur Aulia menjelaskan, masyarakat memang sangat antusias menonton balap ATC. Tapi masyarakat harus memaklumi, sebuah balapan dilaksanakan dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan. "Informasi yang kami dapatkan dari penyelenggara, race dibatalkan karena pertimbangan keamanan dan keselamatan para pembalap," katanya.

Secara teknis pihaknya tidak punya wewenang untuk menjawab. Dia bisa memaklumi kekecewaan warga dengan batalnya balapan tersebut. Di sisi lain dia bersyukur warga tidak melupakan kekecewaan dengan merusak fasilitas yang ada.

Warga pulang dengan tertib dan tidak meninggalkan sampah. "Kekecewaan pasti ada tapi kita juga harus terbiasa setiap race, saat dibatalkan penyelenggara kita harus bisa menerima," katanya. Kepala Pemasaran Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Aji Aditra Perdana di lokasi menjelaskan, balapan Asia Talent Cup tersebut tidak dibatalkan tapi ditunda.

"Ini tidak dibatalkan tapi di reschedule ke minggu depan," katanya. Seri tiga balap Asia Talent Cup Mandalika 2021 akan dijadwalkan ulang minggu depan. "Sebenarnya kita punya empat race dua minggu ini dan dua minggu depan, tapi kita nanti akan satukan minggu depan, empat race langsung," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.