Bisnis

Menko Airlangga: Konsumsi Pemerintah Jadi Pendorong Utama Pemulihan Ekonomi Nasional

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pertumbuhan ekonomi konsisten dalam tren positif pemulihan meski triwulan I 2021 terkontraksi minus 0,74 persen. "Konsumsi pemerintah masih menjadi pendorong utama pemulihan ekonomi nasional, diiringi konsumsi rumah tangga yang makin membaik," kata Airlangga dalam webinar, Senin (24/5/2021). Menko Airlangga berharap kondisi ini bisa memberi dampak baik ke sektor UMKM sebagai soko guru perekonomian nasional.

Dirinya mencatat jumlah UMKM mencapai 64 juta atau 99 persen dari struktur usaha di Indonesia dan berkontribusi 61 persen terhadap PDB. UMKM juga membuka lebih dari 97 persen lapangan pekerjaan. "Karenanya pemerintah menyediakan program PEN dukungan UMKM sebesar Rp 191,13 triliun. Ini ditujukan untuk membantu menjaga momentum pemulihan ekonomi sekaligus agar seluruh lapisan dunia usaha bisa melanjutkan usahanya serta menekan potensi pengurangan tenaga kerja," pungkasnya.

Menko Airlangga menambahkan bahwa hasil survei Bank Indonesia pada Maret 2021 mengungkapkan 87,5 persen terdampak pandemi Covid 19. Sementara 12,5 persen responden sisanya menyatakan tidak terdampak ekonomi dari pandemi bahkan 27 persen di antaranya menyampaikan peningkatan penjualan. "Strategi berikutnya variasi produk karena ini telah terjadi pergeseran pola perilaku masyarkaat ke arah on boarding digitalisasi," lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.