Otomotif

Penampilan Baru New Xpander dan New Xpander Cross di GIIAS 2021, Berikut Spesifikasinya

Ada pemandangan baru dalam produk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yaitu New Xpander dan New Xpander Cross. Kedua mobil besutan Mitsubishi tersebut meramaikan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, mulai Kamis (11/11/2021) hingga Minggu (21/11/2021). Keduanya telah diluncurkan pada Senin (8/11/2021).

Dalam gelaran GIIAS 2021 ini Mitsubishi mengusung tagline Be The Life Xpander. Mitsubishi juga menawarkan pengalaman baru dari mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) tersebut. Xpander generasi terbaru didesain ala crossover dengan ragam penyempurnaan, mulai dari desain, kenyamanan, kecanggihan, hingga beberapa fitur teranyar.

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, segala keunggulan fitur dari sisi interior dan eksterior yang semakin mewah, performa, dan sistem keselamatan yang semakin baik, New Xpander akan menjadi partner berpetualang konsumen di Indonesia. “Kami percaya bahwa setiap tahapan dalam kehidupan adalah sebuah adventure. Kami ingin selalu menjadi bagian dari perjalanan hidup yang terus berputar guna menciptakan momen berharga tak terlupakan bersama orang orang terkasih,” ujar Naoya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (12/11/2021). Naoya menjelaskan, perubahan eksterior pada mobil yang baru diluncurkan tersebut cukup menarik.

Kedua jenis mobil dipoles dengan sentuhan baru sehingga tampak modern dan berkelas. Mengusung model minor change (MMC), Mitsubishi turut menyematkan Dynamic Shield sebagai ciri khas bagian depan Xpander. Meski demikian, visual New Xpander menampilkan kesan lebih futuristik. Adapun pembaruan eksterior terdiri dari model bumper depan, lampu LED dengan desain T Shape, penyematan under guard, dan pelek 17 inci two tone dengan desain baru.

Sektor eksterior juga dilengkapi side sill garnish, desain bagian belakang, T Shape LED tailgate, serta electric switch tailgate door handle. Fitur electric switch tail gate door handle berfungsi untuk memudahkan pemilik membuka pintu bagasi dengan satu tekanan. Selain sektor eksterior, bagian kabin atau interior New Xpander juga diperbarui. Pada bagian ini terdapat sejumlah detail perubahan, terutama pada area depan.

Hal itu terlihat dari bentuk dasbor dan penggunaan material soft touch yang lebih nyata, warna dan aksen, air conditioner (AC) digital, serta instalasi audio layar sentuh (touch screen) berdimensi 8 inci yang terintegrasi dengan smartphone linked display audio (SDA). Selain itu, pengendara dimanjakan dengan desain baru meter cluster yang hadir dengan tambahan opening animation. Gagang kemudi juga dirancang agar nyaman digenggam. Bagian ini juga sudah dilengkapi tombol audio dan panggilan telepon di sebelah kiri, serta cruise control di bagian kanan.

Untuk memberi kesan mewah, material soft touch dihadirkan pada bagian door trim. Kelapangan dan kenyamanan kabin juga masih dipertahankan dengan kapasitas bagasi yang luas. Desain tempat duduk juga mengalami perubahan. Ini tampak dari beberapa fitur baru yang dihadirkan untuk menunjang kenyamanan penumpang. Bagian konsol, misalnya, didesain ulang untuk meletakkan beberapa barang, seperti tisu, card holder, armrest. Kemudian, baris kedua tempat duduk juga dilengkapi universal serial bus (USB).

Untuk rem tangan, New Xpander hadir dengan electric parking brake yang dilengkapi fitur auto hold sehingga terkesan semakin modern. New Xpander juga dibekali pilihan transmisi continuous variable transmission (CVT) untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus. Transmisi CVT tersebut disokong oleh mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4 yang dapat menghasilkan output maksimal 105 PS pada 6,000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4,000 rpm.

Selain itu, kualitas suspensi dan shock absorber juga ditingkatkan dengan tuning terbaru. Hal ini diaplikasikan guna menghasilkan pengendalian yang lebih nyaman dan stabil di jalan bertekstur kasar. Mitsubishi di GIIAS 2021 Selain memamerkan New Xpander dan New Xpander Cross, MMKSI juga menghadirkan sejumlah produk unggulan pada GIIAS 2021. MMKSI turut mengenalkan mobil listrik Mitsubishi Minicab MiEV.

Sebagai informasi, Mitsubishi pertama kali memperkenalkan Minicab MiEV pada ajang Tokyo Motor Show 2011 di Jepang. Mobil listrik ini punya desain tradisional yang boxy. Mobil listrik buatan Mitsubishi itu tersedia dalam dua varian pilihan daya 10.5 KwH dan 16 kWh. Adapun tenaga yang dihasilkan mencapai 41 PS pada putaran 2.500 6.000 rpm dan torsi 196 Nm.

Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil niaga ringan Mitsubishi tersebut mampu menempuh jarak 100 kilometer (km) dan 150 km menggunakan metode penghitungan JC08. Selain mobil listrik, Mitsubishi juga menghadirkan Mitsubishi Fuso. Di ajang tersebut, Mitsubishi memperkenalkan kembali aplikasi Runner Driver yang tersemat pada Mitsubishi Fuso yang dijual sejak 2017.

Aplikasi tersebut dibuat khusus guna memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi, dan laporan kinerja. Kini, sebanyak 144.000 unit truk dengan aplikasi Runner Driver telah beredar di Indonesia. Seluruh inovasi dan deretan produk Mitsubishi tersebut turut memeriahkan pameran GIIAS 2021. Pengunjung dapat langsung melihatnya dengan mengunjungi booth Mitsubishi di Hall 6C, ICE BSD. Deputy General Manager Marketing Communication and Public Relation Division MMKSI Intan Vidiasari mengatakan, pihaknya mengusung Mitsubishi Motors Global Conceptpada booth Mitsubishi di gelaran GIIAS 2021.

“Di sana, pastinya ada produk produk andalan passenger car kami yang saat ini sudah dijual. Mobil listrik juga ada,” ucap Intan. Selain itu, ada perkenalan teknologi baru untuk seamless customer journey. Karenanya, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi booth Mitsubishi pada gelaran GIIAS 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.