Nasional

Pimpinan MPR: Pemerintah Perlu Evaluasi Larangan Mudik Lokal

Pemerintah dinilai perlu segera mengevaluasi larangan mudik dan mudik lokal. Pasalnya, kebijakan tersebut belum sepenuhnya berhasil mencegah masyarakat pergi ke sejumlah daerah. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, larangan mudik lokal bertujuan menekan pergerakan orang dalam satu kawasan yang terdiri dari kota/kabupaten yang berdekatan.

Namun, kebijakan pemerintah pusat itu direspons beragam oleh pemerintah daerah. "Ada yang menerapkan larangan mudik lokal dengan ketat di daerahnya, bahkan ada daerah yang sudah menyatakan tidak mampu menjalankan kebijakan tersebut (mudik lokal)," kata Lestari melalui keterangannya, Senin (10/5/2021). "Kurang berhasilnya dua kebijakan tersebut harus segera dievaluasi," imbuhnya.

Rerie, sapaan akrabnya, menilai evaluasi menyeluruh dapat menjadi perbaikan dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, kesalahan serupa tidak terulang kembali. Menurutnya, untuk mencegah lonjakan kasus covid 19 saatIdulfitri 1442 Hijriah, pemerintah harus meningkatkantracingdantesting.

Masyarakat juga diminta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Para pemangku kepentingan diharapkan mampu segera menerapkan strategi pencegahan penyebaran covid 19 yang tepat untuk menekan potensi terjadinya ledakan kasus pasca Lebaran," pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.