Superskor

Shin Tae-yong ‘Terkekang’ Panggil Pemain ke Timnas, Elkan Baggott Jadi Bantuan Tak Ternilai

Di tengah keterbatasan Shin Tae yong untuk memanggil pemain ke Timnas Indonesia, kehadiran Elkan Baggott dinilai akan menjadi bantuan tak ternilai bagi skuad Garuda. Hal itu jika Ipswich Town mengizinkannya tampil di Piala AFF 2020. Diketahui, pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae yong, mendapat kabar buruk dan kabar baik sekaligus menjelang Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia akan tampil di ajang terakbar Asia Tenggara Piala AFF 2020 pada 9 Desember mendatang. Timnas Indonesia ditempatkan di Grup B Piala AFF 2020 bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos. Kabar buruknya adalah, Shin Tae yong dibatasi hanya boleh memanggil dua pemain dari tiap klub di Liga 1.

Pembatasan tersebut diambil berdasarkan manager meeting PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan klub Liga 1 (5/11/2021). "Liga 1 jalan terus bersamaan dengan Piala AFF, ketika manager meeting dibahas apakah Liga 1 mau dihentikan atau tidak," ungkap Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (8/11/2021). "Ternyata, klub sepakat Liga 1 tetap berjalan dengan catatan jumlah pemain dari setiap tim yang bisa ditarik ke tim nasional maksimal dua orang," jelasnya.

Shin Tae yong terlihat telah mematuhi pembatasan tersebut jika melihat daftar 26 pemain yang dipanggil untuk pemusatan latihan di Turki. Pelatih asal Korea Selatan itu bisa dibilang sedang "terkekang" karena tak bisa memanggil pemain sesuka hati. Di posisi bek tengah misalnya, ia tak bisa memanggil pemain kepercayaannya, Rizky Ridho, atau rekannya yang lebih senior, Arif Satria.

Baik Rizky Ridho maupun Arif Satria tak bisa dipanggil karena Persebaya Surabaya sudah mengirim Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Oleh karena itu, kehadiran para pemain luar negeri seperti Elkan Baggott akan menjadi bantuan tak ternilai bagi pasukan Garuda. Terlebih, Elkan Baggott telah membuktikan diri sebagai bek tengah tangguh kala mencicipi uji coba timnas Indonesia U 19 tahun lalu.

Elkan Baggott kini juga sudah berada di Indonesia untuk pembuatan KTP. "Iya, Elkan sudah tiba di Indonesia, hanya saat ini ia sedang menjalani karantina," ungkap asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto (8/11/2021). Persoalan terakhir bagi Elkan adalah izin dari Ipswich Town untuk tampil di Piala AFF 2020.

Piala AFF 2020 digelar di luar jadwal internasional FIFA, sehingga klub seperti Ipswich Town bisa melarang pemainnya tampil di ajang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.